Rabu, 12 Juli 2017

Kusen Pintu Rumah

Kusen pintu Rumah banyak macamnya mulai dari kayu, besi, alumanium, PVC, UPVC, Coran dll. Yang akan kami uraikan adalah kusen dari kayu sesuai dengan pengetahun kami. Baiklah semenjak dahulu kusen terbuat dari kayu tidak tergantikan oleh yang lain hingga datang dari jenis logam namun sifat-sifat kayu seperti texture dan elastisitas tidak ada dalam unsur logam.

Kusen pintu kayu banyak jenis dan macamnya tergantung dasar pembuatan matrialnya seperti kayu jati, kayu bengkirai, kayu merbau, kayu kamper, kayu meranti dll. Semua jenis kayu tersebut dapat dibuat kusen pintu ataupun kusen jendela sesuai keinginan kita. Dari berbagai macam kayu tersebut mempunyai sifat karakteristik tersendiri sehingga dapat memperindah rumah idaman kita, misal menggunakan kayu jati yang mempunyai urat dan texrure membuat rumah lebih artistik, klasik dan menarik.


Kusen pintu dari kayu dapat dibentuk menjadi beberapa model seperti minimalis (semua sudut kusen tanpa profil), model dobel skoneng (kedua sisi muka dan belakang semua disekoneng atau dibuatkan rumah pintu) model standard (bagian sisi depan di profil dan belakang diskoneng/rumah pintu), dan satu lagi model kusen pintu knock down.

Ukuran bahan kusen pintu dari kayu ada dua macam untuk kebutuhan rumah yaitu kayu ukuran 6x15 dan ukuran 6x12, namun ada juga yang menggunakan kayu ukuran kusus 6x17. Untuk penggunaan kayu 6x15 (bahan baku) dalam proses pembuatan menjadi kusen pintu menjadi 5x13,5cm begitupun 6x12 menjadi 5x11cm. Mengapa kedua ukuran tersebut menjadi pilihan karena stok penggesekan kayu loging mengikuti standard kebutuhan pasar. Apabila kita menggunakan ukuran selain ukuran tersebut bisa namun prosesnya memakan waktu yang lama.

Kusen pintu adalah bagian penting dalam pembuatan rumah tidak dipungkiri kusen kayu menjadi unsur yang patut diperhitungkan dan di rencanakan untuk rumah. Karena tata letaknya kusen pintu menjadi titik awal kita memasuki rumah apabila kusen pintu tidak sesuai ukuran dengan model rumah itu sendiri. Yang patut diperhitungkan dalam pembuatan kusen pintu adalah ukuran tinggi dan lebar suatu kusen pintu apakah menggunakan daun pintu single atau dobel.

Tata letak kusen pintu dapat dibagi atau dinamai sesuai letaknya misal kusen pintu diletakkan pada kamar, kusen pintu itu dinamani kusen pintu kamar, kusen pintu diletakan di kamar mandi dinamai kusen pintu kamar mandi, kusen pintu di letakan pada pintu utama dinamai kusen pintu utama dan seterusnya. Kusen pintu apabila di gandeng dengan kusen jendela dinamai kusen gandeng, nah penempatan gandeng jendela ada ditengah dan di samping, ada dua nama kusen gandeng samping yaitu gandeng kiri dan kusen pintu gandeng kanan.

Model kusen pintu dibagi dua yaitu kusen gundul dan kusen jalusi/ventilasi. Kekinian kusen pintu jarang menggunakan jalusi/ventilasi yang sering adalah kusen gundul. Kusen pintu gundul saat ini dengan tinggi yang disesuaikan tinggi bangunan rumah, sehingga membuat daun pintunyapun  ukuran ketinggiannya mengikuti. Ada beberapa kekuranagan untuk daun pintu ukuran tinggi diantaranya pembuatan daun pintu untuk mencapai ketebalan proporsional (3,5cm) daun pintu menjadi menipis sehingga mengurangi kekuatan daun pintu itu sendiri, untuk mengatasi masalah tersebut penulis menyarankan menggunakan bahan ketebalan 5cm. Kedua semakin tinggi pintu kemungkinan melintir/melenting/baling lebih besar yang ideal ketinggian pintu berkisar 210 s/d 23cm maksimal 240cm diatas ukuran tersebut lebih baik gunakan bahan kayu ketebalan 5 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar