Rabu, 12 Juli 2017

Kusen Pintu

Kusen pintu merupakan tempat mengaitkan daun pintu pada dinding, pintu memerlukan kusen untuk membuat daun pintu bisa berfungsi sebagai tempat untuk keluar masuk pada suatu ruangan. Kusen pintulah yang membuat pintu dapat berdiri kokoh sebagi suatu penopang dari pintu, apalah arti dari daun pintu apabila tiada kusennya. Sangat penting sekali keberadaan kusen pada sebuah pintu sehingga tidak dapat mengabaikan atau menghilangkan peran dari sebuah kusen. Bukan itu saja fungsi dari kusen pintu, kusen pintu dapat memperindah dari sebuah bangunan dalam rumah.
Sangat penting fungsi dari sebuah kusen maka diperlukan sebuah kusen yang kuat dan kokoh, untuk itu diperlukan kayu yang berkuwalitas baik untuk membuat sebuah kusen pintu. Kayu yang kuat untuk membikin kusen pintu banyak pilihan antara lain: Jati, Merbau, Bengkirai, Kamper, Meranti, Kruing dan kayu lainya.
Ada beberapa bentuk kusen untuk memperindah bentuk dan fungsinya, kusen pintu keumumanya terdapat sekoneng (tempat mengaitkan pintu), dalam sebuah kusen bisa dibikin dua sekoneng luar dan dalam, ini gunanya untuk dipasang dua buah daun pintu, dan ada juga kusen pintu tidak diberi sekoneng bentuk ini digunakan untuk pintu sleding atau dorong. Keumuman atau standarisasi untuk bahan pembuatan kusen pintu menggunakan balok ukuran 6x12cm atau 6x15cm, namun ada juga menggunakan balok kusus yaitu balok ukuran 6x17cm. Semua ukuran balok itu yang sering digunakan dalam pembuatan kusen pintu rumah.
Dalam sebuah rumah ada beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang kamar, runang makan dll, dan semuanya itu memerlukan sebuah kusen untuk menghubungkan ruangan-ruanagn tersebut agar menjadi kesatuan yang utuh dalam sebuah rumah.
Dilihat dari bentuk kusen ada empat jenis kusen yaitu:

1. Kusen single sekoneng.
Single sekoneng paling banyak digunakan pada kusen, bentuk single sekoneng menjadi suatu kelaziman bila membuat sebuah kusen dan menjadi standar dalam pembentukan sebuah kusen. 
2. Kusen dobel sekoneng.
Doble sekoneng menjadi alternatif untuk pembuatan kusen apabila akan dipasang dua buah pintu ataupun jendela pada kusen jendela, kusen jenis diperuntukan memasang dua buah pintu, pintu kasa dan pintu utamanaya, atau pintu utama dengan pintu besi.
3. Kusen knock down.
Jenis knock down ini sama bentuknya dengan kusen dobel sekoneng, dalam pembentukan sekoneng dapat dibuka dan dipasang kembali sehingga dalam pemasangan kusen lebih rapih bila opening tembok sudah tersedia.
4. Kusen tanpa sekoneng.
Kusen tanpa sekoneng diperuntukan pintu yang dibuka sleding, jenis ini banyak diterapkan dalam kusen garasi dan pintunya dibuka secara sleding (dorong).


single sekoneng


doble sekoneng


tanpa sekoneng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar