Rabu, 12 Juli 2017

Berapa ukuran Idealnya kusen pintu?

Ukuran kusen pintu menjadi sangat penting dalam membangun rumah apakah ukuran tingginya atau ukuran lebarnya. Berapakah ukuran ideal untuk kusen pintu rumah? Untuk ukuran ideal kusen pintu ada beberapa faktor pertimbangan antara lain besaran ruangan dan frekwensi penggunaannya. Untuk besaran ukuran lebar kusen pintu kamar yang ideal dengan ruangan 300x300cm adalah 80cm ukuran dalam kusen, ukuran kusen pintu utama menjadi pertimbangan seperti apakah daun pintunya
 pintu dobel atau single, jika dobel ukuran yang ideal adalah 150cm dan jika single idealnya 90cm. Ukuran kusen pintu kamar mandi lebar idealnya 70cm, apakah ukuran tersebut menjadi pakem dalam pembuatan kusen pintu? Ya benar, karena ruangan dalam perumahan ukuran kamar tidak jauh dari 300x300cm yang idealnya adalah ukuran kusen pintu 80cm.
Apakah tinggi kusen pintu harus mengikuti idealnya? Sebenarnya tinggi kusen pintu yang cukup ideal adalah 210cm, namun berkembangnya model dan desain rumah menjadi trend untuk merubah ukuran tinggi kusen pintu sebuah rumah, dalam banyak order/pesanan  pada kami untuk ukuran pintu saat ini banyak tingginya 240cm. Apakah dengan tinggi 240 cm menjadi trend ukuran kusen pintu saat ini? Sebetulnya tidak juga demikian dari dahulu ukuran kusen pintu 240cm namun kusen pintu tersebut diatasnya menggunakan ventilasi atau jalusi antara 30 sampai dengan 40cm. Jadi sama saja ukuran kusen pintu rumah di angka 240cm, hanya saja kusen pintu model sekarang ditiadakan ventilasi atau jalusinya alias kusen gundul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar